Minggu, 10 Mei 2009

DEMOKRASI YANG MEMBANGUN


DEMOKRASI YANG MEMBANGUN


Demokrasi Di Pandang Sebagai Suatu Sistiem Yang Ideal Untuk Masyarakat yang menginkan kebebasan dalam standar etika yang berlaku di masyarakat dengan asas-asas persaingan yang sehat. Demokrasi juga dapat membuat suatu daerah menjadi sombong dan atas nama memperjuangkan kebebasan, arogansi telah merusak stabilitas daerah tertentu dan daerah lainnya.


kritik lain atas praktek demokrasi yang terjadi di daerah-daerah momen demokrasi cendrung dijadikan sebagai arena konflik politik praktis, melainkan memanfaatkan suara rakyat untuk kepentingan elit yang terbatas dan membohongi konstituen dengan dalil-dalil demokrasi yang tidak mendidik dan membangun daerah.


Demokrasi yang terjadi saat ini kebanyakan digunakan hanya pada saat-saat pemilu, pilkada saja, tetapi demokrasi seharusnya dilaksanakan setiap saat sehingga bicara perjuangan membangun demokrasi jangan hanya memanfaatkan isu demokrasi hanya pada massa kampanye.

””””apa yang tertulis akan abadi apa yang terucap akan sirna ditelaan massa”””””

I stilah demokrasi berasal dari bahasa yunani yaitu demos yang artinya rakyat dan kratos yang artinya mengatur. Demokrasi dapat diartikan sebagai sebuah sistiem kekuasaan yang memberi ruang partisipasi kepada rakyat untuk ikut ambil bagian dalam pemerintahan terutama dalam menentukan siapa orang yang akan memimpin dan melaksanakan sistiem pemerintahan sesuai dengan aturan yang berlaku.


Demokrasi berkembang luas, secara perlahan-lahan, bertahap dan berbaur dengan budaya dan adapt istiadat masyarakat.lima syarat dalam sistiem demokrasi yang baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku pada Negara kita ini.




Lima syarat tersebut yaitu:

  • Keterwakilan. Demokrasi diterjemahkan kedalam bentuk perwakilan rakyat. Artinya rakya punya kesempatan untuk menentukan wakilnya dalam sebuah mekanisme pemilu yang multi partai.

  • Permusyawaratan. Segala program dan rancangan selalu melewati tahap diskusi dan mufakat.jadi sifat otoriter dalam mengambil keputusan haruslah di tiadakan karena hal ini dapat membawa bahaya bagi jalannya proses demokrasi.

  • Sura terbanyak. Mekanisme pengambilan keputusan yang berdasarkan pada suara terbanyak dipandang sebagai suatu unsur penting dalam menciptakan demokrasi.

  • Pertanggung jawaban. Demokrasi terjadi apa bila proses yang berjalan dengan baik dan bertanggung jawab.setiap tindakan menuntut adnya pertanggung jawaban, baik kepada konsisten secara khusus maupun kepada masyarakat secara umum.

  • Otonomi. Daerah diberikan kebebasan dalam mengatur dan mengelola daerahnya untuk kepentingan masyarakatnya sendiri.



Selain syarat kelima syarat diatas, ada juga syarat lain yaitu kebebasan pers dan kebebasan bersarikat.masyarakat juga memiliki hak untuk brkumpul dan berorganisasi sesuai dengan budaya, etika dan hokum yang berlaku pada Negara kita ini.

Aspek dalam membangun demokrasi local misalnya bagaimana kita menghidupkan lagi suasana kebersamaan, gotong royong, dan meningkatkan empati social antar masyarakat,dan adanya pembentukan komunitas masyarakat yang baik dan dialogis, sistierm komunikasi antar masyarakat diciptakan hingga ditingkattan RT\RW dan membuka dialog yang seluas-luasnya didalam masyarakat.dan yang tidak kala penting adalah melakukan pendidikan demokrasi baik secara langsung maupun secara tidak langsung terutama oleh pemerintah daerah kepada masyarakat.





Adapun hal-hal yang dapat menghambat perkembangan demokrasi pada daerah yakni:

  • Jalur kekerasan.

  • Fanatisme.

  • Fanatisme atas idiologi serta pendapat

Hal-hal ini dianggap menghambat demokrasi local karena ketiga hal ini tidak menjunjung hak-hak seseorang bahkan hak masyarakat yang ingin maju dari ketertinggalanya.


Daftar pustaka: Drs peni suparto, Map. 2008. Demokrasi Di Bumi Arema, perpustakaan umum dan arsip pemkot malang.








AKU LEBIH SUKA MENJADI PEMIMPIN DIANTARA RKYAT BIASA YANG MEMILIKI KESADARAN HIDUP DARIPADA MENJADI RAJA DI ANTARA ORANG-ORANG YANG TIDAK MEMILIKI IMPIAN DAN HASRAT YANG INGIN MAJU MELAINKAN CUMA MEREMEHKAN PENDAPAT SERTA USUL SARAN ORANG.


By: pierngoe@yahoo.com